+ (007) 548 58 5400
+ (007) 548 58 5400
7:30 AM - 7:30 PM
Monday to Saturday

FUNGSI DAN CARA KERJA BERBAGAI VALVE

Mar 31, 2022 Uncategorized

valve adalah suatu alat yang digunakan untuk mengatur, mengarahkan, atau mengontrol aliran fluida di dalam saluran. fluida (gas,cair,sludge,slury)
saluran (pipa,ducting.box)

FUNGSI UTAMA VALVE

  • menghentikan aliran
  • mengurangi jumlah aliran
  • mengarahlan aliran
  • mengatur tekanan
  • membuang tekanan

Berikut berbagai macam jenis valve

  1. gate valves
  2. globe valves
  3. diaphragm valves
  4. plug valves
  5. ball valves
  6. butterfly valves
  7. needle valves
  8. check valves
  9. safety valves

Valve karakteristik dan cara kerja masing-masing:

Gate Valve
Jenis ini didesain untuk membuka dan menutup aliran dengan cara tertutup rapat dan terbuka penuh sehingga valve ini tidak cocok untuk mengatur debit aliran karena kurang akurat dalam hal mengontrol jumlah aliran.

Globe valve
Aliran dalam valve berubah arah sehingga menghasilkan friksi yang cukup besar meskipun dalam keadaan terbuka lebar. Jenis valve ini cukup penting bila digunakan untuk penutupan yang rapat terutama pada aliran gas.

Diaphragm Valve
Valve ini memiliki kelebihan yaitu memiliki aliran yang tenang dan fluida akan mengalir tanpa hambatan, jenis ini sangat baik untuk flow control dan penutupan aliran yang sangat rapat walaupun di dalam pipeline terkandung suspended solid. Diaphragm valve cocok digunakan untuk fluida yang korosif, viscous material, fibrous materials, sludges, solids in suspension, gas dan udara bertekanan.

Plug Valve
Memiliki fungsi yang sama dengan gate valve yaitu dengan menutup atau membuka aliran secara keseluruhan. Namun beberapa pengaplikasian valve ini digunakan untuk mengontrol aliran seperti pada pengaliran gas.

Ball Valve
Jenis ini dapat dioperasikan pada fluida bertemperatur -450°F-500°F, ball valve merupakan tipe quick opening valve yang hanya memerlukan 1/4 putaran dari posisi tertutup penuh ke terbuka penuh.

Needle Valve
Pada dasarnya, jenis ini digunakan pada instrument, gage dan meter line service. Valve ini dapat digunakan untuk throtling dengan sangat akurat serta dapat juga digunakan pada tekanan tinggi dan temperatur tinggi.

Butterfly Valve
Merupakan valve untuk tekanan rendah dengan desain sangat sederhanan yang digunakan untuk mengontrol dan mengatur aliran, untuk terbuka penuh dan tertutup penuh hanya diperlukan 1/4 putaran.

Check valve
jenis ini didesain untuk mencehak terjadinya aliran balik, check valve terdiri dari beberapa jenis seperti lift check, swing check dan ball check.

safety valve
safety valve, digunakan untuk mencegah terjadinya overpressure pada sistem proses piping dan mencegah terjadinya kerusakan peralatan. Ada dua jenis safety valve yaitu relief valve dan pop valve, kedua jenis ini dapat membuka secara cepat. Relief valve digunakan untuk membebaskan tekanan yang berlebih sedangkan pop valve digunakan untuk aplikasi bertekanan tinggi. Namun kedua jenis ini sebaiknya tidak digunakan bila fluida bersifat korosif, melibatkan back-pressure, melibatkan pressure control atau bypass valve.
Pressure Reducing Valve
Cara kerja utama dari jenis ini adalah untuk menjaga agar tekanan dalam sistem perpipaan selalu konstan dengan menurunkan tekanan dari sumber yang memiliki tekanan lebih tinggi.